Senin, 01 April 2019

Bismillahirrahmanirrahim...

Hari ke-5
Game Level 1 Kelas Bunda Sayang Batch #5
Institut Ibu Profesional

Masalah screen time ini selalu menjadi hot topic ya bagi orang tua jaman milenial. Anak-anak kita lahir pada jaman teknologi yang sudah maju. Televisi dengan resolusi terbaik dan gadget dengan spesifikasi tercanggih. Sulit sekali memisahkan mereka dengan teknologi yang ada. Menurut saya hal ini tidak masalah, selama tau batasan penggunaanya. Rules dalam ber-screen time yang saya terapkan kepada anak-anak saya adalah penggunaan TV dan HP maksimal 1 jam dalam sehari, dan wajib dimatikan saat adzan berkumandang. Namun, namanya anak-anak, jika kesukaannya dibatasi, kadang-kadang tantrum dan menangis. Tapi saya sih kekeuh aja. Tidak termakan rayuan air mata anak-anak. Haha. Rules tetap rules yang harus ditaati.

Sebenarnya jika mau diamati lagi, penggunaan gadget pada anak ini lebih banyak mudharat (keburukan) nya menurut saya. Penggunaan yang terlalu lama akan merusak mata dan menurunkan konsentrasi anak. Tadinya kita berharap, dengan dipegangi gadget anak akan lebih diam dan anteng. Padahal, setelah waktu screen time habis, mereka akan merengek meminta tambahan waktu dan rewelnya lebih rewel daripada sama sekali tidak dipegangi gadget. Kecanduan. Belum lagi ketika menonton TV. Mereka tidak akan tahan untuk duduk diam anteng di kursi. Pasti akan maju mendekati layar televisi, yang sangat berbahaya untuk mata anak. Sudah diingatkan untuk mundur dan duduk di kursi, tidak sampai beberapa menit mereka sudah balik lagi mendekati layar TV. Duh, semoga saya bisa segera mengurangi sampai 80% penggunaan gadget pada anak-anak saya. 

Lalu bagaimana saya berkomunikasi yang efektif kepada anak-anak saya agar mereka mengikuti rules screen time yang kami sepakati?
1. Keep information short & simple. Ceritakan rules yang telah disepakati  menggunakan kalimat yang mudah dipahami anak. 
2. Intonasi suara yang ramah. Gunakan intonasi suara yang ramah agak anak kooperatif dengan kita, jangan dengan nada mengancam.
3. Jelas dalam memberikan pujian dan kritik. Puji anak jika mereka mau mengikuti rules dengan baik dan ikhlas. Puji anak jika mereka mau bersabar dan menghindari screen time. Kritik anak ketika tidak menaati rules.
4. Tahan rayuan air mata anak. Ini kalau saya sih ya. Demi kebaikan anak. Tidak semua keinginan anak harus dituruti. Ketika sudah selesai waktu screen timenya, ya sudah tidak boleh bermain lagi.

" Anakmu bukan milikmu, tapi milik zamannya. Sejarahnya, tantangannya. Jangan biarkan ia menjelma sepertimu. Biarkan ia memiliki semua jawaban bagi zamannya" -Ali bin Abi Thalib-

#hari5
#gamelevel1
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates