Senin, 29 April 2019

Bismillahirrahmanirrahim


Hari ke5
Tantangan 10 Hari
Game Level 2 Kelas Bunda Sayang Batch #5
Institut Ibu Professional



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh teman-teman semua.
Tidak terasa sudah hari ke 5 nih cerita saya tentang melatih kemandirian anak. Kemarin saya janjinya cerita tentang kemandirian kakak H untuk BAB ke kamar mandi sendiri dengan benar dan bersih kan ya.. Eh, hari ini ternyata dia lagi ga jadwalnya 🤣 Gagal deh didokumentasikan dalam bentuk cerita.

Kebetulan hari ini rumah saya lagi hancur kayak kapal pecah. Saya lagi decluttering dan adik F membongkar 300-an pcs mainan legonya, dan disuruh beresin tapi dia ga mau 😢 Akhirnya saya minta tolong kakak H untuk membantu membereskan mainan yang tadi dimainkan bersama adik. Ini sebagai salah satu latihan kemandirian pada anak dan juga bertanggung jawab dengan barang miliknya. Selesai bermain harus segera dirapikan dan dikembalikan ke tempat nya semula.
Kakak H lagi asik membereskan mainannya
Awalnya sih sulit ya bagi saya meminta anak bertanggung jawab secara mandiri untuk membereskan mainannya. Ada saja alasannya, dan tidak segera dikerjakan. Kalau saya ga sabar sih, mendingan saya beresin sendiri deh, ga pusing, ga mikir dan ga makan ati. Wakakak. Tapi saya sadar, bahwa tidak selamanya saya ada untuk mendampingi mereka. Saya tidak tahu sampai kapan saya dipercaya oleh Allah untuk melihat tumbuh kembang anak-anak saya. Anak-anak saya harus mandiri sesegera mungkin. Akhirnya, bersabar dan pantang menyerah adalah solusi terbaik dan termudah dari permasalahan saya dalam menghadapi anak-anak ini. 😁 Saya juga masih mencoba berbagai cara supaya kakak H dan adik F mau dengan ikhlas dan hati yang lapang tanpa disuruh untuk segera membereskan mainannya setelah selesai bermain. Wish me luck!

" BE STRONG. Because things will get better. It may be stormy now, but it never rains forever"

#hari5
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates