Rabu, 27 Januari 2010





Saat letihku mnguraikan kata-kata indah di buku kimor karangan Hart yang bener2 mbuatku hard,,tiba-tiba ku teringat mama.Siluet wujudnya menari di otakku.Kututup buku tebal menjemukan itu dan aku ingin menuliskan sesuatu tentang mama...


Mamaku,,wanita tercantik
yang pertama kali kulihat sejak awal aku membuka mata. Meski ku tak ingat lagi kejadian itu,,tapi aku yakin..aku terpukau padanya saat pandangan pertamaku..




Kini,,mamaku yang cantik itu perlahan terkikis waktu. Wajah mama mulai berkeriput,meski tetap cantik tanpa make up. Tubuhnya tak sekuat dulu. Tak mampu lagi menggendong tubuhku seperti dulu,,karena akupun bertambah besar dan berat.


Waktu demi waktu berlalu. Fase hidup pun satu persatu terjalani. Priska yang nakal,priska yang manja,priska yang pemberontak,priska yang pernah bahkan hampir tak peduli lagi dengan mama.




Sejak ayah sakit,mama lah yang mengambil alih semuanya. Mama yang selalu berfikir tentang bagaimana semester depan bisa membayar SPP ku,mama lah yang letih menabung agar aku bisa bertahan hidup di perantauan ini,mamalah yang mengirim doa padaku di tiap sujudnya,mama yang sibuk memikirkan semuanya namun masi sempat membangunkanku tiap pagi untuk mengajakku bercengkrama dengan Sang Pencipta,mengirimiku paket dengan bumbu merah di dalamnya agar aku bisa masak,mendengarkan segala macam curhatku,mama yang selalu menghapus air mataku dan selalu berhasil mengubahnya menjadi senyuman,mama yang ,,ah.. terlalu banyak perjuangannya. Takkan mungkin aku menulis semuanya apalagi membalasnya,,,




Tak mau lagi kubuat mama mengeluarkan air mata karena kenakalanku, Tak mau lagi kubuat mama mengeluarkan air mata karena pemberontakanku,,Tapi kuingin mama terharu karena keberhasilanku,,Aku ingin membahagiakanmu mama,,




Suatu saat nanti,,aku akan buat mama bangga kepadaku,,akan kubuat mama tidak menyesal melahirkanku,,salam rinduku untuk mama,,maafkanlah semua kesalahanku mama,,aku rinduuu... :’(




Smoga Allah Swt. Selalu melindungi mama dan ayah,,



Melangkah tertatih ku meniti cinta
Berjingkat lelah dengan secercah mimpi
Apa ini?
Apa yang kupilih?
Seolah hanya ilusi yang berkabut
Hitam,,tak tampak bercahaya di mataku
Cintaa..


Apakah wujudmu?
Hanya sakit dan luka,,
Hanya isak dan air mata,,
Cintaa..
Apakah pesonamu?
Hanya mencipta dendam,,
Hanya mengukir perih,,
Simfoni patah hatiku bergemuruh..
Sisakan hembus nadi kesendirian.
Kini hanya aku,,
Tak pula dirimu..
Mengapa ada cinta?
Jika tak kuasa ku merengkuhnya.
Mengapa harus cinta?
Topik tak berbasi,,

Menari dengan sayap-sayap rembulan yang patah
Menyanyi dengan deru pasir mengalun berserak
Letihku mengeja mimpi
Simfoni luka menjejakkan tangis
Asa pun tak kunjung gulirkan tawa
Hati berganti menjadi amphibi
Dengan sayap-sayap patah yang mengais
Cinta..
Apa itu?
Hanya perih yang tersisa.
Cinta..
Apa itu?
Hanya sisakan isak.
Cinta..
Apa itu?
Apa itu cinta?


Entah mengapa pria dan wanita diciptakan berbeda. Allah Swt. menakdirkan laki-laki punya kumis,jenggot,jakun sedangkan wanita tidak. Begitupun sebaliknya.

Laki-laki diciptakan dengan kekuatan fisiknya,suaranya yang besar dan dalam,dengan segala kemampuannya melindungi wanita,dengan tanggung jawabnya menjadi pemimpin dan imam bagi wanita,dengan... ah..entahlah..aku tidak begitu mengenal laki-laki.

Wanita diciptakan oleh Allah dengan kelembutan hatinya, dengan kesabarannya, dengan kecengengannya yang seakan-akan semua masalah bisa diselesaikan dengan menangis, dengan kecerewetannya, dengan segala jenis make up dan aksesoris mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki, dengan tingkah lakunya yang manja dan selalu ingin diperhatikan. Mungkin tidak semua wanita, setidaknya itulah aku.

Entah mengapa Allah menciptakan laki-laki dan wanita dengan begitu berbeda. Entah mengapa wanita terkadang tidak bisa menyatukan pikiran dan pemahamannya dengan pikiran laki-laki. Terlalu sulit menggambarkannya dengan kata-kata. Jadi aku ingin bercerita saja.

Aku mempunyai seorang sahabat. Sebut saja namanya cincaw dan biasa dipanggil caw. Caw bercerita padaku bahwa dia sedang dekat dan punya hubungan spesial dengan seorang laki-laki. Sebut saja namanya Combro. Suatu saat Caw sedang berselancar di dunia maya. Secara tidak sengaja dia menemukan bahwa Combro dekat dengan wanita lain di suatu situs jejaring sosial . Sebut saja wanita itu dengan nama Kubis. Cincaw tahu kalo mereka sudah berteman dan akrab sejak lama. Namun tetap saja,dia menilai ini semua tidak wajar. Tak ada laki-laki yang akan bilang ‘kangen’ dan intens smsan selain dengan teman wanita yang spesial. Tapi tak tahulah. Ini hanya prasangka wanita. Tak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat Cincaw cemburu. Mengapa wanita diciptakan dengan mengedepankan negatif thinkingnya? Hm,,mari kita lanjutkan ceritanya..

Cincaw sudah berkomitmen pada combro bahwa mereka akan jujur dengan apa yang mereka rasakan. Akhirnya cincaw bertanya kepada combro mengenai hal itu..

“Bro,,aku kurang suka sama sikap kamu sama Kubis. Menurutku itu kurang wajar.Aku cemburu” kata Cincaw.

“Emang sikapku gimana Caw? Aku pikir itu masih wajar kok” Bro berdalih.

“Aku ga suka kamu bilang kangen gitu sama dia. Aku pengen kangenmu itu cuma buat aku,sayangmu cuma buat aku..” sahut Caw

“Kubis emang orangnya gitu. Harusnya kamu tau itu...” kata Bro.
“Jadi kamu ngebela dia?” Caw ga kalah sengit
“Engga,aku ngebela diriku sendiri.” Sahut Bro tegas
Tak pelak pertengkaran itupun terjadi. Saling mempertahankan ego masing-masing. Sama-sama ngga ada yang mau mengalah ataupun disalahkan. Emosipun menguasai hati dan pikiran. Begitu mudahnya sayang itu tergantikan dengan amarah. Saat sabar itu tak ada gunanya lagi. (Pertengkarannya disensor ajah y). Akhirnya Combro mengakhiri pembicaraan dan Cincaw bingung,apa artinya ini? Tak ada sms lagi , tak ada pesan lagi, hingga hari ini.
Caw bingung. Caw sayang banget sama Bro,sekaligus juga ga nyaman dengan kedekatan Bro dan Kubis. Caw sayang Bro, Caw takut Bro pergi darinya. Akhirnya sikap protektif dan posesif itulah yang muncul seketika. Ego wanita juga, yang tidak ingin dikalahkan dengan wanita yang lainnya. Caw sayang Bro, Caw ga pengen Bro deket ma Kubis. Caw ngga pengen perhatian Bro terbagi antara dirinya dan Kubis. Caw ngga mau.. Caw sayang Bro..
Caw kembali terbungkam bersama malam-malamnya. Tak ada lagi sms berdering di malamnya yang dingin, ataupun celotehan riang mereka di telepon yang bersahutan dengan kokok ayam di pagi hari.
Caw berpikir,dan terus berpikir. Kembali berpikir bahwa batas kewajaran sikap seseorang itu tidak ada tolak ukurnya. Berpikir bahwa wanita dan pria itu berbeda. Dia teringat pembicaraannya dengan sahabatnya semalam (*katanya si sambil makan mie ayam,wkwkwk). Pikiran laki-laki dengan wanita itu berbeda. Laki-laki kalo udah sayang sama seseorang,dia akan tetep sayang. Meski sedekat apapun dia dengan wanita lain,dia engga akan menganggap lebih. Jika kita malah mengekang dia seperti itu,dia akan merasa engga nyaman dengan keadaan seperti itu. Dan cowok ngga akan tahan berada dalam posisi yang ga nyaman dalam waktu lama. Sedangkan pikiran wanita engga akan rela laki-laki yang dia sayang dekat dengan wanita manapun. Engga akan nyaman kalo lelaki yang dicintainya terlalu dekat dengan wanita lain. Engga akan rela perhatian,canda,dan rasa itu terbagi. Tapi laki-laki pasti akan langsung menyangkal.. “Siapa yang membagi??”. Nah loo..,,emang susah ya kalo udah ngomongin cinta. Sahabat itupun menambahkan nasehatnya. Laki-laki itu sayang sama kita,tapi dia juga ga mau dikekang. Karena buat mereka,cinta itu engga harus sms setiap hari,jalan bareng tiap menit tiap detik,cinta itu engga hanya dalam bentuk seperti itu,terkadang laki-laki itu akan ada saat-saat dimana dia butuh sendiri dan itu akan membuat wanita merasa dicuekin. Padahal kan wanita ingin diperhatiin tiap waktu,tiap hari,tiap menit,tiap detik. Hal sekecil itupun bisa jadi masalah yang rumit. Karena wanita dan laki-laki diciptakan berbeda..
Caw jadi berpikir...dan terus berpikir...
Masih dengan egoisnya yang tinggi. Caw sayang Bro. Caw engga pengen bro membagi perhatiannya sama cewek lain. Apa caw salah? Caw Cuma ingin mempertahankan Bro. Caw cemburu karena caw sayang sama Bro. Apa itu salah? Knapa Bro gag pernah ngerti si? Bro egois..
Di sisi otaknya yang lain,Caw kembali berpikir. Batasan kewajaran tiap orang itu berbeda-beda. Kita engga akan bisa memaksakan batasan kewajaran kita kepada orang lain. Caw egois?
Bayangan itu kembali berkelebat dalam otak caw. Lalu? Siapa yang salah dan siapa yang benar? Apa yang harus Caw lakukan kemudian? Caw juga engga akan tahan liat lelaki yang dicintainya ber-hahahihi mesra dengan wanita lain seperti itu.. Hm..
Entahlah,aku sendiri juga bingung apa yang harus aku katakan kepada Caw. Tapi yang aku tahu,laki-laki dan wanita diciptakan berbeda untuk sama-sama saling melengkapi. Andai saja mereka bisa sedikit mencoba mengerti satu sama lain,andai para lelaki mencoba mengerti sedikit woman thinks dan wanita pun mencoba mengerti bagaimana man thinks itu ,aku yakin dunia akan semakin indah dengan warna-warni cinta mereka.Tanpa curiga.Tanpa prasangka.




Oleh aku .. yang sedang belajar memahami pikiran laki-laki..
Gadis itu,,yang kulihat di matanya dapat kuselami samudra bening dan siluet fatamorgana pelangi yang warnanya bahkan tak mampu kulukiskan di secarik kanvas emas. Seorang gadis yang selalu bercita-cita menjadi pelukis mimpi dan merefleksikannya dalam tiap langkah-langkah kecilnya. Gadis yang begitu ingin bebas berlari dalam cahaya kehidupan namun terkadang merasa sepi dengan khayalannya.Gadis ajaib ini yang kelak ingin mencoba dunianya yang baru. Yang dia bangun virtual dirinya dan cintanya.Gadis ini mengawali semuanya sebagai netter.
November 2008, gadis ini menemukan netter yang lain. Netter yang mampu membuat hemoglobin di pipinya memerah,yang mampu membuat tulang pipinya bersinergi dengan otot membentuk senyuman yang jarang tampak dari bibirnya dan mampu mengacaukan koneksi neutron di otaknya. Netter yang nyata telah dikenalnya sejak belum akil balig. Netter yang membuat semua rasanya menjadi aneh.Membuat bunga seroja menari-nari di matanya. Netter pertama yang dia percaya untuk mendapatkan nomor hapenya. Hm,,cerita ini begitu indah dikenang,,namun juga menyisakan setoreh luka. Sebut saja dia X.
Mungkin salah gadis ini yang salah mengartikan,mungkin gadis ini terlalu lugu dan berharap banyak, mungkin gadis ini terlalu terburu-buru ingin memulai semuanya, mungkin dia yang salah melangkah hingga akhirnya hal itu terjadi. Aura hitam berhibridisasi dalam elektron hatinya, merubahnya menjadi radikal yang bahkan tak pernah ditemukan antioksidannya. Gadis manis itu kini menjadi hacker. Hacker yang berusaha mencari potongan-potongan kehidupan X yang selama ini begitu misteri.Yang tak tau mengapa tak boleh dia ketahui.Bahkan tak pernah dia tahu alasannya hingga kini.
Semakin dia cari,semakin tak percaya apa yang terjadi,semakin tak mampu menyusun potongan ini menjadi gambar kehidupan yang utuh,semakin tak mampu menerka sandiwara apa yang sedang dimainkan, semakin tak mengerti ada apa ini,semakin menyangsikan kehidupan dan akhirnya gadis mungil ini terpuruk di pikiran hitamnya. Beribu penyesalan bergelayut manja dan begitu parasit menggoda hatinya. Memutilasi jiwanya. Membuatnya tersadar dari virtualnya dunia ini. Ingin pergi namun tak kuasa. Hanya tak ingin merusak yang telah ada namun tak bisa memaksa diri untuk berlari.Keputusan tetap harus dibuat. Mungkin bukan yang terbaik namun mungkin inilah yang paling tepat ‘berpura-pura tidak tahu’. Berpura-pura tetap tegar mendengar segala celotehannya,berpura-pura menjalani semua dengan baik-baik saja meski pesonanya semakin membuat gadis ini menjerit. Berpura-pura tersenyum padahal semua mail dan messages nya meluluhlantakkan istana kepercayaannya. Namun tetap bertahan, karena inilah kesalahannya,yg terlalu berharap pada sesuatu yang terlalu sempurna meski tak pernah ditemuinya kesempurnaan itu.
Mungkin gadis itu adalah aku
Dan lelaki itu dirimu
Maaf kutulis ini,,
Ku takkan pernah lupa bagaimana rasanya,
Merasa menjadi orang yang mengerti tapi tidak.
Namun , ku tak pernah menyesal mencintaimu.
Karena kau adalah dirimu.
Entah brapa banyak masalah yang kau sembunyikan,
Hanya untuk membuatku tenang,
Yang terkadang malah membuat ribuan bayangan rusuh berdemo dalam otak dan hatiku,
Namun ku tau,, itulah caramu,,
Caramu mencintaiku..
Aku..
Hanya seseorang yang bercita-cita merubah dunia..
Hidupku hanya sekali
Aku ingin meraih apa yang kumau
Agar kubisa buat mereka bahagia..
Ibuku,,ibuku,,ibuku,,ayahku,keluargaku,sahabat-sahabatku,dan teman-teman kecilku yang telah menorehkan cerita di sepanjang perjalanan hidupku
Dan kini kupersembahkan
REKAM JEJAK HIDUPKU..
Bukan hal yang sempurna,,bukan hal yang luar biasa
Hanya ingin menyalurkan apa yang ada di otakku
Impian dan Harapanku
Meski tak pandai ku berkata-kata
Izinkan aku menulisnya...
Dalam rangkaian nada ataupun sketsa kehidupan..
Lebay ni tulisannya.hehe ... Slamat mnikmati ajah deh..
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright (c) 2010 Dyarilonia. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.