Selasa, 30 April 2019

Bismillahirrahmanirrahim


Hari ke 6
Tantangan 10 Hari
Game Level 2 Kelas Bunda Sayang Batch #5
Institut Ibu Professional





Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hari ini saatnya saya bercerita tentang topik yang tertunda, yaitu melatih skill kemandirian untuk membersihkan diri sendiri. Kali ini saya mengajarkan kakak H ke toilet sendiri tanpa bantuan. Topik ini penting sekali diajarkan ke anak sedini mungkin, karena ketika anak tidak berada di dekat kita, dia bisa mengurus dirinya sendiri. Apalagi dalam hal ke toilet, sangat rawan ketika anak kita ke toilet dengan dibantu oleh orang lain yang tidak kita kenal, saat disekolah misalnya.


Image from https://bit.ly/2Qf3n8o
 Sebenarnya, kakak H sudah bisa BAK sendiri tanpa bantuan sejak umur 3 tahun, ketika masuk PAUD. Namun untuk BAB masih dibantu oleh orang tua dan bu guru. Karena sudah umur 5 tahun, sudah TK A sebentar lagi TK B, saya rasa sudah saatnya kakak H bisa melakukannya sendiri.

👧 " Maaa.. udah pupupnya"
👩 " Oke sayang. Kakak sudah besar, coba bersihkan sendiri ya. Coba di siram air. Pakai sabun ya. Jangan lupa disiram yang banyak sampai hilang"
👧 " Iya maa.."

Begitulah instruksi saya ketika kakak meminta bantuan saya. Saya sengaja memberi instruksi dulu, supaya kakak tahu bagaimana sih membersihkan BAB itu. Ketika sudah selesai, saya cek, dan bersih alhamdulillah, tangannya juga bersih dan wangi. Target saya sih kakak bisa BAB sendiri, dibersihkan sendiri tanpa harus teriak-teriak memanggil mama ketika sudah selesai 🤣



" Jangan mempermudah keseharian anak, jika tidak ingin mempersulit masa depannya - Alissa Wahid-"

*maaf ya no picture, topiknya private!

#hari6
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates