Senin, 06 Mei 2019

Bismillahirrahmanirrahim


Hari ke 12
Tantangan 10 Hari
Game Level 2 Kelas Bunda Sayang Batch #5
Institut Ibu Professional






 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Kemarin, setelah dua hari berlatih menyisir rambut sendiri, kakak H akhirnya lulus latihan menyisir rambut sendiri. Yeaaay. Tinggal ke-istiqomahan orang tuanya nih yang harus "tega" membiarkan anak melakukan kegiatan yang dia bisa lakukan sendiri, tanpa interupsi dari orang tuanya.

Menuju hari ke 12 tantangan kemandirian, saya ingin melatih kakak H lagi ni. Apa ya latihannya? Termasuk berat bagi kakak H dan tentu saja bagi saya. Tantangan ini juga menjadi 'momok' bagi orang tua dan anak kebanyakan di luar sana. Tantangan dimana kakak harus benar-benar merasa dirinya mampu bertanggung jawab dan mampu menghadapinya. Apa ya kira-kira?

"Tidur sendiri"

Wiih... Seserem itukah? Iya! At least buat anak-anak saya, yang dimana-mana dan kemana-mana harus sama mama, harus ada mama. Ini tantangan berat juga buat saya. Yang sudah merindukan tidur malam berdua saja sama suami, seperti beberapa tahun lalu. Hahaha. Ciyee.. 

Sebenarnya bagaimana sih selama ini saya dan anak-anak tidur malam? Nah, ini yang ingin saya ceritakan. Sebenarnya anak-anak sudah ada kamar sendiri. Kasurnya menggunakan kasur 2in1. Karena katanya anak laki-laki dan perempuan sebaiknya beda kasur kan ya tidurnya. Kakak tidur di kasur atas. Adik tidur di kasur bawah bareng sama saya yang bagian ngelonin. Nah, kadang-kadang kalo udah kecapekan banget, saya molor ketiduran sampe subuh. Suami tidur sendirian di kamar kami sampai pagi. Kasihaan kesepian. Jikapun saya tidak ketiduran, saya pindah ke kamar bersama suami setelah anak-anak tertidur, sempat pillow talk sebentar, tak lama kemudian, anak-anak terbangun nyariin mamanya. Akhirnya keruntelan tidur berempat di kasur, atau saya kembali ke kamar anak-anak untuk ngelonin lagi, yang berakhir ketiduran sampai subuh. Huhuhu.

Jadi misi besar saya yang berikutnya dalam melatih kemandirian adalah anak-anak bisa tidur sendiri di kamar mereka, tanpa dikeloni, dan tidur nyenyak sampai pagi.

Mission impossible? No! It's possible. Bismillah dengan niat dan tekat yang kuat kami bisa menjalankannya. Bagi ibu-ibu dan teman-teman semua yang punya tips bagaimana cara mengajari anak tidur sendiri, komen dibawah ya supaya bisa saya coba terapkan di anak-anak saya. Thank you!

Nah malam ini, saya akan mencoba memulai latihannya dengan cara saya ya! Tahap satu dulu deh. Yaitu memberi pemahaman kepada anak kenapa harus tidur sendiri.
👩 " Kakak.. Kakak kan sudah besar, sudah waktunya tidur sendiri tidak ditemani umik. Kakak sekarang sudah punya kamar sendiri, sudah punya tempat tidur sendiri, kakak sudah punya tanggung jawab untuk merapikan tempat tidur kakak sendiri. Nanti tempat tidur dan kamarnya boleh diatur sesuai keinginan kakak. Gimana?
👧 " Gak mau.. aku mau tidur sama umik, takuutt.. "
👩 " Lhaa.. kenapa takut? Kan ada Allah Swt yang menjaga kakak"
👧 " Tapi aku maunya sama umik 😭 "
👩 " Baiklah sayang"

Day 1 GAGAL. Gakpapa. Masih ada hari-hari esok. Pantang lelah mencoba.

" Don't stop when you're tired, stop when you're done!"


Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhaa, ia berkata,
كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ
Artinya: “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suka mendahulukan sebelah kanan dalam semua pekerjaannya, ketika bersuci, memakai sandal, dan bersisir.” (Hadits shahih riwayat Al-Bukhari no. 186 dan Muslim no. 268).


Baca selengkapnya https://muslimah.or.id/6693-adab-adab-bersisir.html
Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhaa, ia berkata,
كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ
Artinya: “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suka mendahulukan sebelah kanan dalam semua pekerjaannya, ketika bersuci, memakai sandal, dan bersisir.” (Hadits shahih riwayat Al-Bukhari no. 186 dan Muslim no. 268).


Baca selengkapnya https://muslimah.or.id/6693-adab-adab-bersisir.html
#hari12
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates