Jumat, 03 Mei 2019

Bismillahirrahmanirrahim


Hari ke 9
Tantangan 10 Hari
Game Level 2 Kelas Bunda Sayang Batch #5
Institut Ibu Professional


Hari ini hari jumat, hari yang spesial untuk kakak H karena besok hari sabtu mau tampil menari untuk graduation gathering bersama teman-temannya. Ya perpisahan kelulusan TK istilahnya. Tapi kakak H belum lulus lho ya, kakak masih TK A. Kakak kebagian menari tari pandalungan. Gimana itu ya tari pandalungan? Katanya sih perpaduan dari budaya jawa dan budaya madura. Saya terus terang belum melihat tariannya bagaimana, kakak H tidak mau latihan di rumah. Mungkin karena tidak ada musiknya, atau malu ? 🤭

Anyway kembali ke topik melatih kemandirian hari ini, kakak H berlatih lagi mandi sendiri. Sore hari kakak dan adik saya perbolehkan untuk bermain air bersama. Bola warna warni dan mobil-mobilan ditumpahkan bersama ke ember mandi. Main pancuran air. Bermain air ini memang saya perbolehkan hanya seminggu sekali dan durasinya tentu boleh lebih lama daripada mandi biasa. Kali ini saya perbolehkan selama 30 menit untuk bermain air, setelah itu mandi dan langsung ganti baju. Mereka asik bermain air, saya tentu saja sibuk berkutat dengan pekerjaan rumah yang belum (tidak pernah) kelar. Setelah 30 menit, saya interupsi mereka bahwa waktu bermain sudah habis dan supaya segera membereskan mainan mobil dan bola-bola nya. Mereka membereskan bola-bola dan ditaruh di jaring bola, mobil mainan dimasukkan ke ember kecil tempat mainan. 
Image from https://bit.ly/2WkVFJJ
Saya mandikan adik, saya bungkus handuk dan segera saya ganti bajunya. Kakak saya biarkan mandi sendiri sambil saya perhatikan. Duuh, senang sekali. Ternyata kakak H sudah bisa mandi sendiri. Kakak sudah bisa mengambil shampo sendiri dan tidak kebanyakan. Membilas shampo juga sudah bersih. Mengambil sabun tidak berceceran lagi, dan sabun dibilas dengan bersih. Mengambil pasta gigi juga sudah bagus. Menurut saya sih kakak H sudah lulus banget mandi sendirinya. I'm a proud mother! Good job sayang! Meskipun namanya anak kecil pasti butuh nasihat berulang dari orang tuanya. Jika nantinya kakak masih ada yang keliru saat mandi sendiri, tentu saya ingatkan kembali. At least dia sudah bisa mengurus dirinya sendiri saat saya tidak sedang mendampinginya. Alhamdulillah lulus mandi sendiri! 🥰

" Invest time into your daughter. She is worth it!"

#hari9
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates