Kamis, 16 Mei 2019

Bismillahirrahmanirrahim

Aliran Rasa
Tantangan 10 Hari
Game Level 2 Kelas Bunda Sayang Batch #5
Institut Ibu Professional

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Setelah menulis tantangan 10 hari -yang berakhir di hari ke13- ini, saya merasa belum maksimal dalam mengamati kemandirian kakak H dan menuliskannya di blog ini. Kenapa? Karena target saya menulis 15 hari, eh nyatanya hanya terlaksana menulis sampai hari ke 13 saja. Mana lagi ceritanya nggantung dan belum selesai. Super sad 😢

Anyway, selama saya melatih kemandirian kakak H ini yang saya rasakan adalah latihan ini tidak hanya untuk anaknya saja. Tetapi ibunya juga. Bagaimana agar orang tua menjadi pendamping, membersamai dengan sabar setiap tahapan dan mengapresiasi perkembangan sekecil apapun pada anak. Jangan jadi seperti mandor yang kerjaannya nyuruh-nyuruh bae. "Nduk, mainannya diberesin, Nduk, bajunya dicantol dong, Nduk, ayo mandi cepetan". No! Not like that!
Namun pada akhirnya, tujuan kemandirian ini adalah anak kita benar-benar mengerti mengapa dia harus mandiri, mengapa harus melakukan segala kegiatan ini sendiri tanpa bantuan orang tuanya, dan akhirnya anak kita dengan sadar, tanpa paksaan, dan tanpa disuruh-suruh, dapat menjalankan rutinitasnya sehari-hari.

Terima kasih untuk fasilitator kami, mbak emir yang dengan sabar menjawab semua keingin-tahuan kami untuk mendidik dan membesarkan anak kami dengan lebih baik. Terima kasih juga kepada teman-teman satu peer dan satu kelas saya di Jatim 2.


Tentu saja dengan berakhirnya game level 2 ini, latihan kemandirian pada anak-anak kami tidak berhenti sampai disini. Karena belajar dan berlatih itu untuk seumur hidup.




#aliranrasa
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

 

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates