Kamis, 20 Juni 2019

HARI KE-2
TANTANGAN 10 HARI
GAME LEVEL 3 KELAS BUNDA SAYANG BATCH #5
INSTITUT IBU PROFESIONAL

Bismillahirrahmanirrahim..


Hari ini kami sekeluarga sedang ada kepentingan di Banyuwangi. Pagi-pagi setelah sholat subuh kami berangkat memulai perjalanan. Kakak H ijin tidak masuk sekolah, kebetulan hari ini pulang pagi juga karena bu guru ada rapat di sekolah. Ayah ijin cuti sehari. Saya dan adik F kan bebaaas jadwalnya. Alhamdulillah.

Karena sedang dalam perjalanan, family project nya kami lakukan di dalam mobil saja, sambil melihat pemandangan yang dilewati. Kebetulan sekali, perjalanan kali ini kami melewati gunung gumitir, sebagai pemisah dari Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Jadi, project belajar geografi kali ini, kami belajar tentang gunung.

Gambar 1. Jalan berliku di gunung gumitir
Saya bercerita sedikit tentang gunung. Gunung itu apa sih? "Gunung itu dataran yang lebih tinggi dari sekitarnya. Jadi kalau kita naik mobil terus lewat gunung, jalannya naiiik terus dan berliku-liku. Nanti kalau sudah sampai diatas gunungnya, dibawah kelihatan daratan yang lebih rendah. Indaaah banget " Kakak terlihat antusias dengan penjelasan saya. Tapi komentarnya malah begini "Aku suka mi sama gunung, aku bisa nggambar gunung segitiga terus aku warnain warna hijau". "Iya bener itu mbak. Tau ga kenapa diwarnainnya warna hijau?" Saya bertanya pada kakak. Memancing rasa ingin tahunya. "Hmm.. gak tau" Kata kakak, tapi dengan raut muka yang tetap berfikir. " Karena di gunung banyak pohonnya, pohon kan warna hijau ya kak?" "Iya. mii.. benerr" Kakak tersenyum sumringah. Saya berusaha membahas dengan memakai bahasa yang mudah dimengerti anak-anak.

Setelah membahas gunung ngalor ngidul sampai nama gunung itu apa saja, gunung yang ada di jember itu apa, berlanjut membahas tentang gunung berapi. Gunung berapi yang mengeluarkan lahar dan asap hitam tebal. Tapi pembahasan masih sepintas saja. Mungkin besok pembahasan akan dilanjutkan dengan membahas dan menggambar gunung berapi, melihat video gunung berapi dan dilanjutkan eksperimen membuat gunung berapi..

Seruu bangeeet kan belajar geografi 🥰


Gambar 2. Patung gandrung di gunung gumitir
Mudah-mudahan wawasan kakak dan adik bertambah setelah diberi penjelasan tentang gunung ini. Aamiin. Jadi ga sabar untuk kegiatan esok hari. Wish us luck with our project!


" Life is like a mountain, hard to climb but worth the amazing view from the top "

#hari2
#gamelevel3
#tantangan10hari
#myfamilymyteam
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates