Rabu, 30 November 2011

[Catatan sepulang les 29/11/2011]


Les korea saya hari ini meninggalkan sebuah renungan. Lebih tepatnya penasaran sih..
Mengapa wanita korea operasi plastik?
Mengapa wanita korea menikah di usia tua?

Jawabannya saya dapat dari les korea kali ini..

Di korea tradisional, wanita tidak boleh keluar rumah terlalu sering dan juga tidak boleh bekerja. Ketika sudah menikah, wanita korea hanya boleh di rumah saja. Jika ingin pergi keluar rumah, dia mengenakan seperti tudung (kain gitu, yg pernah liat sungkyukwan scandal pasti inget tudung yang di pake giseangnya itu). Tudung itu fungsinya agar dia gak ngelirik2 yang gak penting. Istilah kerennya 'jaga pandangan'. Ini oke juga si. Tapi kesannya jadi terlalu terbelenggu. Jaga pandangan itu menurut saya yang penting hati dan niatnya. Mata juga tetep ga bole jelalatan :9.

Selain itu, dalam segi kesempatan mendapatkan pekerjaan, laki-laki lebih diutamakan dari pada wanita. Hanya wanita yang benar-benar cerdas saja yang bisa mendapat pekerjaan. Namun setelah wanita itu menikah, maka dia harus berhenti dari pekerjaannya. Setinggi apapun pendidikan wanita, tetap yang lebih diutamakan laki-laki.

Sekarang masalahnya, mengapa wanita korea operasi plastik?
Ya itu dia.. Karena wanita korea itu sulit mendapatkan pekerjaan setelah menikah dan bahkan tidak bekerja, maka dia harus mencari calon suami yang 'kaya raya' (kaya harta-red). Biasanya, laki-laki yang kaya raya (konglomerat, pengusaha, deelel.) akan mencari calon istri yang Miss Korea atau penyanyi ato artis yang cantik-cantik itu.
Jadi bisa kita tebaklah.. Mengapa begitu banyak artis korea dan penyanyi wanita yang menjamur di bumi ini.
Bahkan, ibu-ibu di korea yang memiliki anak perempuan, selalu berdoa 'jadilah anak yang cantik' bukannya 'jadilah anak yang pinter (ato sholeh/sholehah)'.  Kenapa bukan jadi anak pinter?

Taukah anda : Biaya kuliah di korea itu sekitar 40.000.000 won/ tahun setara dengan 280.000.000 rupiah/tahun dan kuliah S1 itu 3- 4 tahun kan? Bandingkan dengan biaya operasi plastik keseluruhan (seluruh tubuh) yang seharga kurang lebih 30.000.000 won sekitar 210.000.000 rupiah.

Jadi, lebih enak operasi plastik dengan biaya yang lebih murah, jadi cantik, terus jadi artis, kaya dan terkenal, dapet suami ganteng dan tajir daripada kuliah yang mahalnya amit-amit dan itupun belum tentu dapat pekerjaan. Heu -.-"

Sekarang, kenapa wanita korea menikah di usia tua?
Ya itu tadi.. Karena setelah menikah, wanita korea ga boleh bekerja dan belum tentu suaminya tajir. Jadilah pekerjaan dan penghasilan lebih dipentingkan, alhasil banyak yang nunda nikah.

Fiuh.. Agak seram buat saya. Alhamdulillah bersyukur banget saya dilahirkan di Indonesia. Biaya hidup dan biaya kuliah yang terjangkau dengan ilmu yang di dapat plus-plus (Ilmu dunia dan akhirat). Alhamdullillah juga dilahirkan sebagai orang Islam yang punya Allah Swt. dan tau kalo operasi plastik itu dosa. Saya juga bersyukur jadi wanita yang tambah bulet (pipinya).Tetep tinggi. Makin cantik. Hihi.

NB : alasan yang dikemukakan diatas hanya berdasarkan logika dan menurut cerita dari sonsengnim saya. Apabila ditemukan ada kesamaan tokoh, cerita, ataupun memang benar adanya, maka itu bukan disengaja dan harap maklum. :)
Saya tetap cinta korea kok. Terutama makanannya (bulgogi, tokpokki, miyeokguk, dan kimbap) dan hanbok!
Tapi lebih cinta sama Indonesia. Hihi. Hidup batik! Semoga engkau segera mendunia seperti hanbok ^^. Dan RUJAK SOTO. Sukaaa :)

11 komentar

wow? gitu ya....pantesan korea pada kyak plastik semua....
Untung di Indonesia ga gitu,,,,bisa jdi banyak lelaki jombloers krna ceweknya pd nyari yg kaya raya doang,...

REPLY

OOOOO....
alhamdulillah, kita terlahir Islam & sbagai orang Indonesiaaa,,, paling cucok lah hyaa,, buat kita.. Subhanallah.. -D

REPLY

Danang:
ya ga gitu juga si.
ga semuanya gitu. banyak juga yang cantik alami dan ga matre.
jadi jgn disama ratakan yaa.. :)

foodie:
he'em, alhamdulillah yaa :)

REPLY

OO gitu, ya alhamdulillah kalo masih ada yg ga matre...wkwkwk, bercanda.....
Gamsahamnida..

REPLY

Alhamdulillah, bisa mengenal Islam dan lahir di Indonesia :)
#Bersyukur...

Salam Pangan dari USU
Alhamdulillah, ketemu blognya anak Pangan IPB :)

REPLY

wah pantesan yah cewe cewe korea cantik cantik..........

REPLY

Bisa2 masa depan bsok org2 di sana malah di ciptakan dari plastik semu iieeeeuuuwwwww amit2 ...

REPLY

Setuju gan....hihihihihu

REPLY

Ini artikel bener bgt.. waktu januari 2016 saya trip ke korea bersama teman saya. Memang di korea selatan sangat mudah operasi plastik, bahkan iklan nya ada di bus atau di dinding stasiun. Yang lebih menyedihkan lagi saya memiliki bintik2 dan dan teman saya memiliki tanda lahir di wajah, waktu saya jln2 ada mbk2 SPG nawarin saya oplas di muka..itu menurut saya sangat keterlaluan, saya dan teman saya kan turis harusnya di sambut lebih hangat. Saya kapok ke korea selatan lagi. Tp kalau di Jepang beda bgt.. lbh baik jauuh dari korsel, pemandangan tempat hiburan nya lbh byk.. amit2 deh ke korsel lagi. Oyah di korsel tingkat Bunuh Diri tinggi loh karna mereka itu Atheis gak percaya adanya tuhan.

REPLY

Alkhamdulillah...menjadi muslim yang lahir di tanah indonesia...

REPLY

alkhamdulillah...masih di lahirkan di tanah indonesia yang beragama muslim....serem ahhh di korea walau dramanya aq suka,,tp realitynya

REPLY

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates