Kamis, 08 Agustus 2019

Tantangan 10 Hari Level 5
Kelas Bunda Sayang Batch #5 Jatim 2
Institut Ibu Profesional
8-24 Agustus 2019


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Hallo semuaaa..

Tidak terasa tantangan Bunsay kali ini sudah memasuki level 5. Di level 5 ini, kami ditantang untuk meningkatkan minat membaca pada keluarga. Baik kepada diri sendiri, anak kita maupun pasangan kita. Wah, seru sekali! Kebetulan juga keluarga kami senang membaca dan di rumah kami juga tersedia berbagai macam buku. Beberapa juga belum tersentuh, alias belum dibaca, masih lengkap dengan plastik pembungkusnya. 

Naah, sebelum mulai membaca, kita bisa membuat reading tracker atau daftar bacaan yang akan kita baca. Merancang reading tracker dapat membantu kita untuk fokus dan terjadwal dalam membaca buku. Dan tidak bakal bingung lagi setelah selesai membaca satu buku, mau baca buku apa lagi yaa.. Jadi makin semangat deh!

Setelah menulis reading tracker dan menyelesaikan buku yang kita baca, kita dapat mencatatnya di pohon literasi. Apa itu pohon literasi? Pohon literasi adalah pohon yang dibuat untuk mencatat buku apa saja yang telah kita baca. Judul buku yang telah kita baca, ditulis pada selembar kertas berbentuk daun, atau bisa juga berbentuk buah, lalu ditempelkan pada pohon yang telah kita buat sebelumnya. Semakin banyak daun/buahnya berarti semakin banyak juga bacaan yang telah rampung kita baca. Asyik banget kan ya!

Insya Allah selama t10 ini saya akan menerapkannya pada anak-anak dan diri saya sendiri supaya semakin semangat membaca.

Here we go! Inilah reading tracker keluarga kami! 🥰

Gambar 1. Reading tracker kakak H
 Reading tracker milik kakak H terdiri dari 10 buku yang akan dibaca selama 10 hari. Jadi satu hari satu buku. Berhubung buku anak-anak tidak terlalu banyak isinya, insya Allah buku ini bisa dibacakan setiap hari 1 buku. Buku-buku ini juga sekalian bisa digunakan untuk melatih kakak H berlatih membaca.

Gambar 2. Reading tracker adik F
Reading tracker milik adik F juga ada 10 buku. Tapi buku-buku ini lebih banyak gambarnya daripada ceritanya. Nanti ceritanya bisa saya karang-karang sendiri sambil membacakan buku untuk adik F

Gambar 3. Reading tracker saya
Naah.. kalau saya cuma 1 nih. Hehe. Buku ini pembahasannya lumayan berat, bukan karya fiksi, dan terdiri dari 700-an halaman, maka saya hanya memilih 1 buku ini saja untuk saya baca selama 10 hari. Buku ini buku lama, sudah sekitar 6 tahunan saya punya. Bahkan lebih tua daripada umur anak saya yang pertama. Hahaha. Tapi entah kenapa belum selesai-selesai saya baca padahal pembahasannya sangaat menarik. Yosh! Insya Allah niatnya sih bisa habis ya buku ini dalam 10 hari! Semangaats!!

Sekarang pohon literasinya nih.. Inilah pohon literasi milik keluarga kami!

Gambar 4. Pohon Literasi
Pohon literasi kami berbentuk pohon apel. Pohon ini nantinya akan saya beri buah apel yang didalamnya terdapat judul buku yang telah kami baca. ^^

Bismillahirrahmanirrahim. Semoga game kali ini lancar. Aamiiinn..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


#hari1
#gamelevel5
#tantangan10hari
#pohonliterasi
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates