Kamis, 25 April 2019

Bismillahirrahmanirrahim

Hari ke 1

Tantangan 10 hari 

Game Level 2 Kelas Bunda Sayang Batch #5
Institut Ibu Profesional



Alhamdulillah.. Setelah selesai dengan game level 1, sekarang dimulailah kembali game yang mendebarkan ini, butuh konsistensi dan pengamatan yang teliti. Pada game level 2 ini mahasiswi ditantang untuk melatih kemandirian. Kemandirian yang dilatih bisa kemandirian anak, kemandirian pasangan maupun diri sendiri.

Pada game kali ini, saya menfokuskan diri untuk melatih kemandirian anak saya yang pertama. Kakak H sekarang berumur 5 tahun. Kakak sudah bisa diajak berkomunikasi 2 arah dengan baik dan  umurnya pun sudah cukup untuk diajak berlatih bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Sebelum memulai game ini, saya melakukan riset singkat alias googling. Saya mencari poin-poin kemandirian apa saja yang perlu saya latih kepada kakak H. Baik dari segi perkembangan fisik, emosional dan sosialnya. Akhirnya saya mendapatkan checklist yang cukup lengkap untuk usia 5-6 tahun. Saya mendapatkannya dari website rumahinspirasi.com yang bersumber dari diknas.

Pada checklist yang saya dapatkan, berikut kemandirian yang harus dilatih untuk kakak H.


Yang pertama adalah membantu dirinya sendiri (makan sendiri, menyisir rambut sendiri, memasang tali sepatu dll. tanpa bantuan) dan melakukan BAB sendiri secara benar. Menurut saya ini poin yang penting untuk kakak H, agar dia bisa mengurus dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain dan bertanggung jawab dengan dirinya. Biasanya makan masih disuapin, menyisir masih disisirin dan BAB masih dibantu oleh saya.

Maka kemandirian yang akan saya latih kepada kakak H dalam one week one skill ini adalah :
1. Melatih kakak mengurus dirinya sendiri dengan fokus makan sendiri dan menyisir rambut sendiri.
2. Melatih kakak melakukan aktivitas di kamar mandi (Mandi, BAB dan BAK) sendiri dengan benar dan bersih.


Nah itulah tadi rencana saya untuk tantangan 10 hari game level 2 ini. Bismillahirrahmanirrahim semoga saya bisa melewati tantangan ini. Tidak hanya dengan niat untuk menyelesaikan tantangan, tapi sebagai ikhtiar untuk menambah kemandirian kakak H.

"Don't rescue your children from a challenge, but teach them to face it"

#hari1
#gamelevel2
#tantangan10 hari
#melatihkemandirian
#kuliahbundasayang
@institut.ibu.profesional

Kirim pesan kamu disini....

Dyarilonia . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates